Sabtu, 07 Februari 2009

ANAK ANDA PEROKOK?

Benarkah ayam tidak bisa melihat saat senja

Disini saya akan memberikan tips-tipsnya saja apabila anak anda sudah terlanjur merokok. Tips-tipsnya adalah sebagai berikut:

1) Jangan larang

Walau sulit, namun tindakan melarang hanya akan memperburuk keadaan. “ Anak dapat semakin acuh dan jauh dari orang tua. Padahal semakin jauh anak dengan orang tua, maka semakin sulit pula orang tua menanganinya..

2) Terima kenyataan

Ya, ini semakin sulit bagi orang tua. Bahkan yang terekstrim yaitu mengizinkan mereka merokok di depan orang tua. Walaupun melarang anak untuk merokok di depan orang tua itu sama saja tidak akan membawa perubahan, karena kalau anak dilarang merokok di depan orang tua, pasti kita semua sama-sama tahu, bahwa mereka akan merokok di luar. Lebih baik di depan orang tua sehingga dapat terjadi dialog, dan jangan lupa mengapresiasi.

3) Salurkan

Diharapkan lewat dialog yang terjadi, orang tua dan anak menjadi saling memahami. Seiring dengan terciptanya kepercayaan, ajak anak untuk melakukan aktivitas lain yang dapat memberikan manfaat yang baik bagi anak tsb, orang tua dan orang lain.


Tidak ada komentar: