Sabtu, 07 Februari 2009

Persiapan Menuju Perguruan Tinggi

Persiapan Menuju Perguruan Tinggi

Hal yang paling penting yang harus dipersiapkan sebelum melangkah maju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi adalah diri kamu sendiri. Karena akan menjalani memasuki kehidupan baru yang selama ini kamu cita-citakan, bekali dirimu dengan hal-hal berikut ini:


  1. BELAJAR, BELAJAR, BELAJAR!!!!

Jelas bahwa belajar adalah kunci utama dalam menghadapi ujian. Tapi ujian masuk perguruan tinggi tidak sama seperti ulangan umum biasa. Selain pelajaran yang kamu dapatkan selama di SMA, pengetahuan umum juga ikut diujikan sebagai soal untuk menuju perguruan tinggi. Jadi jangan terlalu banyak berharap pada keberuntungan sementara. Akan lebih baik jika kamu mencicil belajar dari jauh hari sebelimnya.


  1. BIMBINGAN BELAJAR

Jika belajar sendiri di rumah sepertinya dirasakan kurang mendukung bagi kita dalam persiapan mengahadapi ujian masuk perguruan tinggi, oleh karena itu ikutlah bimbingan belajar, karena dengan seperti itu kamu akan lebih fokus dalam menghadapi ujian dan disana juga beberapa pengajar dari tempat bimbel tersebut akan memberi soal-soal latihan yang tidak jauh berbeda dengan soal-soal ujian nantinya.


  1. TES BAKAT dan PSIKOTES

Supaya lebih yakin dan mantap sama pilihanmu, ikuti tes bakat dan psikotes. Idealnya, kedua tes di atas dilakukan saat anda masih duduk di bangku kelas 1 SMA. Tapi untuk meyakinkan diri sendiri atas pilihan yang akan anda buat, sama sekali tidak salah apabila kamu ikut tes tersebut.


  1. ALTERNATIF

Untuk mengahadapi resiko apabila anda tidak diterima di perguruan tinggi yang anda harapakan pada sebelumnya, ada baiknya anda mempersiapkan rencana cadangan. Setidaknya, sediakan dua pilihan program studi yang paling anda minati, dan dua sekolah yang menyediakan program studi idamanmu itu.


Tidak ada komentar: